Kamis, 12 Juni 2014

Menerka Kehidupan

Tak semua kisah dapat dimengerti. Terkadang ada sebuah kisah yang sulit untuk dimengerti bahkan oleh manusia-manusia yang sedang mengalaminya. Mengapa kisah itu bisa terjadi? Bagaimana awal mulanya? Dan pertanyaan paling penting adalah bagaimana akhir dari kisah itu? Semua tanya itu tak akan terjawab sampai sang pelaku cerita menjalani semuanya hingga titik usai dari kisah itu.
Hendak menerka? Coba saja. Sebuah dugaan tak selalu benar. Terkadang dugaan malah semakin menyesatkan. Membuat hati dan perasaan terbebani oleh apa yang seharusnya tak jadi beban.
Mencari tahu? Coba saja. Asal jangan berlebihan. Tak baik mencari tahu sesuatu yang belum saatnya untuk diketahui.
Ingin pasrah saja terhadap keadaan yang ada? Bukan begitu juga seharusnya. Tak ada usaha pun tak baik. Membuat diri mudah terombang-ambing kesana kemari.
Aku, kamu, kalian semua sama. Menjalani kehidupan di dunia yang fana. Mencoba menerka dan mencari tahu kemana diri ini akan melangkah dan apa yang akan terjadi selanjutnya. Terus menerka dan mencari tahu hingga akhirnya tersesat di jalan yang berliku.
Janganlah terlalu percaya dengan yang namanya dugaan. Dugaan itu hanya terkaan. Hanya andai-andai dari manusia yang sama dengan kita. Terlalu percaya pada dugaan itu tak baik adanya. Rasa takut yang menyerang karena dugaan-dugaan buruk yang akan terjadi, justru menyesatkan. Bukan membuat waspada, malah membuat jantung berdegup kencang tiap membayangkan. Tak selalu semuanya benar. Tak selalu semuanya tepat. Alasannya, karena semua dugaan itu terucap dari seorang manusia yang tak sempurna. Benar kan? Mana ada makhluk yang sempurna? Toh nantinya akan mati juga. Sama saja.
Jalani sajalah kehidupan yang ada. Tak perlulah usaha mencari tahu dan menerka-nerka. Cukuplah melakukan apa yang terbaik demi mengejar mimpi. Masa depan ada untuk diraih, tak untuk diterka. Jalani saja dan lampaui semua tujuan hidup tanpa perlu menerka-nerka apa yang terjadi selanjutnya. Jangan percaya pada terkaan jika belum pernah dicoba. Bisa saja terkaan itu menyesatkan dan hanya salah satu jalan untuk membuat manusia takut untuk mencoba dan menghidari sebuah kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Selamat datang, Terima kasih telah berkunjung. Jangan lupa follow blog ini ya :)