Sabtu, 12 Mei 2012

Vegetarian

Assalamualaikum wr. wb.
Setelah sebelumnya membahas manfaat dan beberapa hasil olahan kentang, kali ini saya akan membahas tentang vegetarian. Vegetarian memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Saat ini banyak masyarakat di daerah perkotaan yang sudah menerapkan pola vegetarian, bahkan banyak restoran atau pun warung yang menerapkan menu khusus bagi peminat vegetarian.
Vegetarian adalah pola makan, dimana orang tidak suka memakan daging, telur, seafood bahkan makanan yang mengandung susu. Orang yang menerapkan pola makan yang diciptakan pada tahun 1847 ini mengkonsumsi makanan yang berasal nabati saja. 
Pola makan ini pertama kali digunakan secara formal pada tanggal 30 September tahun itu oleh Joseph Brotherton dan lain-lain, di Northwood Villa, Kent, Inggris. Saat itu adalah pertemuan pengukuhan dari Vegetarian Society Inggris.
Kebanyakan dari kita mengenal seorang vegetarian yang memiliki nama latin vegetus, yang berarti keseluruhan, sehat, segar, hidup itu hanya secara umum saja. Kita hanya tahu bahwa vegetarian itu tidak bisa atau tidak mau memakan daging, seafood, telor ataupun makanan yang mengandung susu. Padahal, sebenarnya terdapat beberapa macam atau jenis vegetarian. Jadi, tidak semua vegetarian itu tidak bisa  dan atau tidak mau memakan telor, dan tidak semua vegetarian itu tidak bisa atau tidak mau memakan makanan  yang mengandung susu serta seafood.

Macam-macam Vegetarian
Secara umum, ada 3 jenis utama dari Vegetarian, yaitu :

1. Lacto-ovo vegetarian
Lacto-ovo vegetarian adalah orang yang menghindari makanan yang mengandung daging dan makanan laut. Mereka hanya memakan makanan yang berasal dari tanaman, serta makanan yang mengandung susu maupun telur.

2. Lacto-vegetarians
Lacto-vegetarians adalah orang yang menghindari makanan yang mengandung daging, makanan laut dan telur. Mereka hanya memakan makanan yang berasal dari tanaman, serta makanan yang mengandung susu.
3. Vegan
Vegan adalah orang yang hanya mengkonsumsi makanan yang berasal dari tanaman. 

Manfaat dari Vegetarian untuk kesehatan badan.
Para Vegan mendapatkan manfaat terhindar dari beberapa penyakit, seperti :
- Penyakit arteri koroner
- Diabetes
- Kegemukan
- Beberapa Jenis Kanker
- Hipertensi (Tekanan darah tinggi)

Yap, setelah membaca postingan ini, apakah kalian tertarik untuk menjadi Vegan? Terserah. Silahkan saja. Tapi, satu pesan saya. Walaupun kalian menjadi Vegan, jangan lupa tetap penuhi nutrisi tubuh kalian supaya badan tetap fit dan tidak kekurangan nutrisi sedikit pun.
Sekian dari saya. Maaf bila ada kesalahan.
Wassalamu'alaikum wr. wb.

Manfaat Kentang

Assalamu'alaikum wr. wb.
Akhirnya setelah sekian lama menghilang dari dunia perblog-an, sekarang saya kembali lagi dengan membawa sebuah topik baru. Kali ini saya akan membahas tentang salah satu sayuran yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kentang (Potato).

Kentang adalah sumber makanan yang sangat populer. Di beberapa negara, tanaman umbi yang memiliki nama ilmiah, Solanum tuberosum bahkan merupakan makanan pokok disana. Tapi, sekarang banyak orang makan kentang dalam bentuk french fries atau potato chip yang malah membuat kentang sebagai salah satu penyebab serangan jantung. Padahal, jika kentang tidak mengalami proses penggorengan dan tidak mengandung lemak yang berlebihan, kentang adalah makanan yang sangat sehat serta berkalori rendah dan tinggi serat yang menawarkan perlindungan yang signifikan terhadap beberapa penyakit dan menjaga tubuh tetap sehat.
Disini saya akan menuliskan tentang beberapa manfaat kesehatan kentang. Yang pertama dalam hal yang berhubungan dengan berat badan. Kentang kaya akan karbohidrat namun kurang protein. Hal ini menjadikan kentang makanan yang ideal bagi mereka yang ingin meningkatkan berat badan. Kemudian, vitamin yang terkandung dalam kentang seperti vitamin C dan B kompleks juga penting untuk penyerapan karbohidrat. Jadi, bagi yang ingin gemuk, konsumsi lah kentang secukupnya.
Kedua, dalam hal pencernaan. Kentang kaya akan karbohidrat, sehingga mudah untuk dicerna dan memperlancar pencernaan. Hal ini membuat kentang menjadi makanan yang baik bagi pasien, bayi dan orang-orang yang mengalami masalah pencernaan.
Mengkonsumsi kentang juga baik untuk perawatan kulit. Karena kentang mengandung vitamin-C, vitamin B-kompleks dan mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, dan seng yang baik untuk kesehatan kulit. Kemudian, ampas kentang yang dihaluskan dan dicampur dengan madu, juga dapat digunakan sebagai pembersih keriput dan noda kulit lainnya akibat penuaan. Jadi, yang ingin cantik, makan kentang aja deh. :)
Kentang juga bermanfaat sekali dalam hal kinerja otak manusia. Kinerja otak manusia sangat tergantung pada pasokan oksigen, kadar glukosa, magnesium, vitamin B kompleks dan beberapa hormon, seperti asam amino dan asam lemak, seperti omega-3 asam lemak. Dan kentang memenuhi hampir semua kebutuhan yang disebutkan di atas. Selain itu, kentang juga mengandung zat tertentu seperti seng dan fosfor yang baik untuk otak juga. Jadi, mengkonsumsi kentang juga bisa meningkatkan kinerja otak kita.
Kemudian, kentang juga memiliki manfaat untuk meredakan peradangan seperti radang usus dan sistem pencernaan. Tahu kenapa? Karena kentang mengandung vitamin C, vitamin B dan potasium. Selain itu, kentang juga bermanfaat untuk mengurangi rematik. Itu loh, penyakit yang menyerang persendian dan struktur di sekitarnya. Kentang dapat mengurangi rasa nyeri rematik. Karena kentang mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin, kalsium dan magnesium.
Berikut ini adalah beberapa hasil olahan dari kentang.
Keripik Kentang (Potato Chips)
Kentang Goreng (French Fries)
Dodol Kentang
Donat Kentang
Baked Potatos

Yap, itulah beberapa manfaat dari kentang. Jadi, jika ingin sehat, makanlah kentang secukupnya. Dan kalau bisa nih, jangan terlalu sering mengkonsumsi kentang dalam bentuk french fries atau potato chips. Karena kandungan dalam kentang jika di konsumsi dalam bentuk french fries atau potato chips, bukan malah menyehatkan, malah memancing penyakit.
Sekian dari saya, maaf bila ada kesalahan. Maklum masih belajar.
Wassalamu'alaikum wr. wb.
Selamat datang, Terima kasih telah berkunjung. Jangan lupa follow blog ini ya :)