Jumat, 09 Maret 2012

Manfaat Ketela Ungu

Assalamu'alaikum wr.wb.
Kali ini, saya akan membahas tentang manfaat dari ketela ungu. Salah satu makanan favorit saya juga, sih. Oke langsung saja. Check It Out ! ;)
‘Ubi jalar ungu’ atau yang biasa dikenal dengan sebutan ‘telo ungu’ biasanya dikonsumsi di daerah pedesaan maupun pegunungan. Tapi kini ‘telo ungu’ mulai banyak diminati masyarakat kota, tidak hanya di Indonesia, bahkan di luar negeri seperti di Amerika Serikat.
Tanaman telo ungu ini juga dimanfaatkan sebagai campuran ramuan tradisional berkhasiat obat. Banyak orang yang menganggap bahwa akibat mengonsumsi ubi jalar adalah “buang angin”. Menurut ahli pengobatan tradisional, Prof HM Hembing Wijayakusuma, ubi jalar memang bermanfaat untuk mengatasi masuk angin dan kembung. Di samping itu, masih banyak lagi penyakit yang bisa diatasi oleh ubi jalar, seperti disentri, kencing manis, rabun senja, memperbanyak air susu ibu (ASI), dan lain-lain.
Daunnya berbentuk segitiga berlekuk dan menjadi 3-5 lekukan dengan tangkai yang panjang. Bunganya berbentuk payung, terdapat di tiap ketiak tangkai daun. Bunganya sering kali tak menjadi buah. Konon tumbuhan ini berasal dari Amerika tropis. Ia bisa hidup subur di ketinggian 1 meter – 2.200 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan ini hidup liar menjalar. Ada tiga jenis ubi jalar, yaitu ubi berumbi putih, merah, dan ungu.
Khasiat ubi jalar didapatkan dari kandungan kimia yang ada di dalamnya. Kandungannya meliputi protein, lemak, karbohidrat, kalori, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, vitamin B1, B2, C, dan asam nikoninat. Dari kandungan tersebut ubi jalar berkhasiat sebagai tonik dan menghentikan pendarahan.Kandungan itu didapatkan dari umbi dan daunnya. Untuk mengatasi penyakit tertentu, penggunaan ubi jalar bisa dilakukan dengan cara pengobatan luar dan dalam. Pengobatan luar memanfaatkan umbi dan daunnya dengan cara memarut atau menghaluskan bahan dari ubi jalar, lalu ditempelkan ke bagian yang sakit. Contoh penyakit yang bisa diatasi dengan pengobatan seperti ini adalah keseleo, luka terpukul, eksim, bisul, dan herpes. Sedangkan untuk melancarkan buang air besar, daun ubi jalar direbus dan airnya diminum, atau dibuat masakan sesuai selera, lalu dimakan.
‘Telo ungu’ juga bisa menjadi anti kanker karena didalamnya ada zat aktif yang dinamakan selenium dan iodin dan dua puluh kali lebih tinggi dari jenis ubi yang lainnya. ‘Ubi jalar ungu’ memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri 2,5 dan 3,2 kali lebih tinggi daripada beberapa varietas ‘blueberry’, selain itu juga baik untuk mendorong kelancaran peredaran darah.
Sekarang, mengkonsumsi telo ungu bisa beragam caranya. Karena sekarang telo ungu sudah diolah menjadi berbagai macam hasil olahan, seperti :
Ice Cream Telo
Burger Telo
Keripik Ketela Ungu
Purple Mayo
Kue Mangkok Telo Ungu
Telo Ungu Cheese Cake
Bakpao Telo
Dan masiih banyak lagi hasil-hasil olahan dari ketela ungu tadi.
Yap, mungkin sekian dari saya. Maaf bila ada salah-salah kata dan penulisan. Mohon dimaklumi, masih belajar. 
Wassalamu'alaikum wr. wb.

Kamis, 08 Maret 2012

Manfaat Rumput Laut

Assalamu'alaikum wr. wb.
Halo.. Kali ini saya akan membahas tentang manfaat dari rumput laut. Sebelum itu, perlu diketahui, rumput laut atau gulma laut merupakan salah satu sumberdaya hayati yang terdapat di wilayah pesisir dan laut. Dalam bahasa Indonesia, istilah rumput laut dipakai untuk menyebut baik gulma laut dan lamun.
Yang dimaksud sebagai gulma laut adalah anggota dari kelompok vegetasi yang dikenal sebagai alga (ganggang). Sumberdaya ini biasanya dapat ditemui di perairan yang berasosiasi dengan keberadaan ekosistem terumbu karang. Gulma laut alam biasanya dapat hidup di atas pasir dan karang mati. Di beberapa daerah pantai di bagian selatan Jawa dan pantai barat Sumatera, gulma laut banyak ditemui hidup di atas karang-karang terjal yang melindungi pantai dari deburan ombak. Di pantai selatan Jawa Barat dan Banten misalnya, gulma laut dapat ditemui di sekitar pantai Santolo dan Sayang Heulang di Kabupaten Garut atau di daerah Ujung Kulon Kabupaten Pandeglang. Sementara di daerah pantai barat Sumatera, gulma laut dapat ditemui di pesisir barat Provinsi Lampung sampai pesisir Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam.
Selain hidup bebas di alam, beberapa jenis gulma laut juga banyak dibudidayakan oleh sebagian masyarakat pesisir Indonesia. Contoh jenis gulma laut yang banyak dibudidayakan di antaranya adalah Eucheuma cottonii dan Gracilaria sp. Beberapa daerah dan pulau di Indonesia yang masyarakat pesisirnya banyak melakukan usaha budidaya gulma laut ini di antaranya berada di wilayah pesisir Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi Kepulauan Riau, Pulau Lombok, Sulawesi, Maluku dan Papua.
Di pihak lain, lamun adalah tumbuhan sejati anggota kelompok monokotil yang telah beradaptasi dengan air laut, bahkan tergantung pada lingkungan ini. Lamun kurang berarti secara ekonomi bagi manusia, tetapi padang lamun menjadi tempat hidup yang disukai berbagai penghuni perairan laut dangkal di daerah tropika.
Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rumput laut:
a. Kejernihan air laut.
b. Suhu perairan sejuk
c. Arus laut tidak begitu deras.
d. Kedalaman laut antara 20-30 m.
Kandungan rumput laut umumnya adalah mineral essential (besi, iodin, aluminium, mangan, kalsium, nitrogen dapat larut, phosphor, sulfur, chlor, silicon, rubidium, strontium, barium, titanium, cobalt, boron, copper, kalium, dan unsur-unsur lainnya), asam nukleat, asam amino, protein, mineral, trace elements, tepung, gula dan vitamin A, B, C, D, E, dan K.
Manfaat Rumput Laut
  1. Sebagai Bahan obat-obatan (anticoagulant, antibiotics, antihehmethes, antihypertensive agent, pengurang cholesterol, dilatory agent, dan insektisida. 
  2. Karena kandungan gizinya yang tinggi, maka mampu meningkatkan sistem kerja hormonal, limfatik, dan juga saraf. 
  3. Meningkatkan fungsi pertahanan tubuh, memperbaiki sistem kerja jantung dan peredaran darah, serta sistem pencernaan. 
  4. Obat tradisional untuk batuk, asma, bronkhitis, TBC, cacingan, sakit perut, demam, rematik, bahkan dipercaya dapat meningkatkan daya seksual. 
  5. Kandungan yodiumnya diperlukan tubuh untuk mencegah penyakit gondok. 
  6. Kandungan klorofil rumput laut bersifat antikarsinogenik, kandungan serat, selenium dan seng yang tinggi pada rumput laut dapat mereduksi estrogen. Disinyalir level estrogen yang terlalu tinggi dapat mendorong timbulnya kanker, sehingga konsumsi rumput laut memperkecil resiko kanker bahkan mengobatinya.
Kandungan vitamin C dan antioksidannya dapat melawan radikal bebas.
Kaya akan kandungan serat yang dapat mencegah kanker usus besar, melancarkan pencernaan, meningkatkan kadar air dalam feses.
Membantu metabolisme lemak, sehingga menurunkan kadar kolesterol darah dan gula darah.
Rumput laut juga membantu pengobatan tukak lambung, radang usus besar, susah buang air besar dan gangguan pencernaan lainnya.
Dapat membantu penyerapan kelebihan garam pada tubuh.
Baik untuk diet, mengurangi resiko obesitas, serat pada rumput laut bersifat mengenyangkan dan kandungan karbohidratnya sukar dicerna sehingga akan menyebabkan rasa kenyang lebih lama.
Anti oksidan yang berperan dalam penyembuhan dan peremajaan kulit. Vitamin A (beta carotene) dan vitamin C nya bekerja dalam memelihara kolagen, sedangkan kandungan protein dari rumput laut penting untuk membentuk jaringan baru pada kulit. Sehingga Mencegah penuaan dini.
Mengandung kalsium sepuluh kali lebih tinggi dibandingkan dengan susu, sehingga rumput laut sangat tepat dikonsumsi untuk mengurangi dan mencegah gejala osteoporosis.
Beberapa hasil olahan rumput laut diantaranya :
1. Nori. Nori dibuat dari rumput laut yang dihaluskan. bubur rumput laut ini kemudian dihamparkan dengan ketebalan yang sangat tipis. Proses selanjutnya, nori dikeringkan sehingga bentuknya lembaran menyerupai kertas. Nori banyak digunakan pada masakan Jepang, mulai dari pembungkus sushi, udang gulung atau rollade goreng. Pilih nori yang lentur, kering dan warnanya hitam mengkilat.

2. Agar-agar. Proses membuat agar-agar sangat panjang. Tahap pertama pemilihan jenis rumput laut yang akan digunakan, yaitu jenis Gracilaria sp. atau Gelidium sp. Selanjutnya proses pemecahan dinding sel, pemasakan(ekstrasi) sampai pada pengeringan. Dipasaran banyak dijumpai agar-agar dalam aneka bentuk, baik yang batangan maupun serbuk.



  
3. Kombu dan Wakame. Dua nama berikut ini sejenis ganggang laut yang dikeringkan. Pertama, kombu adalah bahan dasar membuat kaldu pada masakan Jepang. Setelah direbus kuahnya untuk kaldu dan kombunya digunakan untuk isi sup, salad atau tumisan. Sedangkan untuk wakame, bentuknya hampir menyerupai kombu, biasanya digunakan untuk campuran salad, isi sup atau campuran mie. Tapi tipsnya, jangan merebus wakame lebih dari satu menit untuk mendapatkan citarasa yang maksimal.
Kombu
Wakame
4. Manisan Rumput Laut. Nah yang warna-warni ini diperoleh dari rumput laut segar, kemudian dicuci, direbus dan diolah dengan larutan gula sebagai pengawetnya. Citarasanya menyegarkan dan teksturnya kenyal juga renyah, sangat cocok untuk campuran es, pudding dan aneka dessert.

Yap, mungkin sekian dari saya. Maaf bila ada kesalahan kata. Harap maklum.
Wassalamu'alaikum. wr. wb.
Selamat datang, Terima kasih telah berkunjung. Jangan lupa follow blog ini ya :)