Senin, 20 Februari 2012

Biografi Tokoh Idola Saya: Bpk Didik Hadiprayitno, SST

Assalamu'alaikum wr. wb.
Halo semuanya. Kali ini saya akan menulis tentang salah satu tokoh idola saya, yaitu Bpk. Didik Hadiprayitno, SST. Kebetulan saya sedang mengerjakan tugas PKn dan saya pun ingin menuliuliskan biografi beliau di blog saya. Yap langsung dibaca aja ya.


Didik Hadiprayitno, SST (dengan nama lahir Kwee Tjoen Lian, lalu Kwee Tjoen An) yang lebih dikenal sebagai Didik Nini Thowok lahir di Temanggung, Jawa Tengah, 13 November 1954 adalah penari, koreografer, komedian, pemain pantomim, penyanyi, dan pengajar. Banyak penghargaan telah diberikan kepada Didik Nini Thowok seluruh karya-karyanya dan gaya yang unik dalam menggabungkan klasik, folk, tari modern dan komedi. Beberapa koreografi aslinya sangat terkenal di Indonesia.
Selain melakukan koreografi sendiri asli, ia juga memiliki keahlian yang luar biasa dalam melakukan berbagai tari tradisi seperti Topeng, Sunda, Cirebon, Bali, dan tentu saja Jawa Tengah. Selama karirnya, ia belajar menari kepada lebih dari 23 guru tari, seperti Ni Ketut Sudjani, I Gusti Gde Raka, Rasimoen, Sawitri, Ni Ketut Reneng, Kamini, Bagong Kussudiardjo, BRAy Yodonegoro, Sangeeta, Richard Emmert, Sadamu Omura, Jetty Roels, Gojo Masanosuke, serta beberapa nama maestro lain dari berbagai negara. Tak heran Didik menjadi begitu menguasai seni tari, terutama yang berbasis tradisi.
Masa Kecil Didik Nini Thowok terlahir dengan nama Kwee Tjoen Lian. Karena sakit-sakitan orang tuanya mengubah namanya menjadi Kwee Tjoen An. Ayah Didik, Kwee Yoe Tiang, merupakan seorang peranakan Tionghoa yang "terdampar" di Temanggung sedangkan ibunya, Suminah, adalah wanita Jawa asli, asal Desa Citayem, Tjilatjap. Didik adalah sulung dari lima bersaudara (keempat adiknya perempuan). Setelah G30S/PKI, keturunan Tionghoa diwajibkan mengganti nama Tionghoa mereka menjadi nama pribumi sehingga nama Kwee Tjoen An pun menjadi Didik Hadiprayitno.
Masa kecil Didik cenderung seperti anak perempuan dan menyukai permainan mereka, seperti pasar-pasaran (berjualan), masak-masakan, dan ibu-ibuan. Saat kecil pun Didik diajari oleh neneknya ketrampilan perempuan seperti menjahit, menisik, menyulam, dan merenda. Belajar menari saat masih sekolah, Didik suka menggambar dan menyanyi (suaranya bagus terutama saat menyanyi tembang Jawa). Namun setelah mengenal dunia tari akibat sering menonton pertunjukan wayang orang yang berupa sendratari, Didik pun bertekad untuk mempelajari tari.
Sayangnya perekonomian keluarga yang pas-pasan menyulitkan langkah Didik untuk belajar. Akhirnya Didik meminta teman sekelasnya Sumiasih, yang pandai menari dan nembang, untuk mengajarinya tari-tarian wayang orang. Menari bukan hal yang sulit dilakukan, karena selain tubuhnya yang lentur, Didik juga berbakat.
Guru Didik berikutnya adalah Ibu Sumiyati yang mengajarinya dan ketiga adiknya, tari Jawa klasik gaya Surakarta. Didik membayar guru ini dari hasil menyewakan komik warisan kakeknya. Didik juga belajar tarian Bali klasik dari seorang tukang cukur rambut. Didik berguru pada A. M. Sudiharjo, yang pandai menari Jawa Klasik juga sering menciptakan tari kreasi baru.
Didik juga ikut kursus menari di Kantor Pembinaan Kebudayaan Kabupaten Temanggung. Salah satu gurunya adalah Prapto Prasojo, yang juga mengajar di padepokan tari milik Bagong Kussudiarjo di Yogyakarta. Koreografi tari ciptaan Didik yang pertama dibuat pada pertengahan 1971. Tarian itu diberi judul “Tari Persembahan”, yang merupakan gabungan gerak tari Bali dan Jawa. Didik tampil pertama kali sebagai penari wanita; berkebaya dan bersanggul saat acara kelulusan SMA tahun 1972. Saat itu, didik juga mempersembahakan tari ciptaannya sendiri dengan sangat luwes. Kuliah Setelah lulus SMA, impian Didik untuk melanjutkan kuliah di ASTI Yogyakarta terbentur pada biaya. Didik pun bekerja, tak jauh dari kesukaannya, menari. Didik menjadi pegawai honorer di Kabin Kebudayaan Kabupaten Temanggung dengan tugas mengajar tari di beberapa sekolah (SD dan SMP), serta memberi les privat menari untuk anak-anak di sekitar Temanggung. Dua tahun setelah lulus SMA, Didik bertekad untuk kuliah di ASTI.
Berbekal uang tabungannya, Didik berangkat ke Yogyakarta dan mendaftar di ASTI. Berkat Tari Manipuri, tarian wanita yang diperagakannya dengan begitu cantik, Didik berhasil memikat tim juri ASTI. Sehingga Didik diterima dan dinyatakan sebagai mahasiswa ASTI angkatan 1974. Pribadinya yang hangat, kocak dan santun tak menyulitkan Didik untuk mendapat teman. Bersama teman-teman barunya, Didik menampilkan fragmen tari berjudul Ande-ande Lumut. Didik berperan sebagai Mbok Rondo Dadapan, janda centil dari Desa Dadapan. Penampilan Didik sangat memukau mahasiswa ASTI yang lain.
Beberapa bulan setelah mulai kuliah, Didik menerima tawaran dari kakak angkatannya, untuk membantu dalam fragmen tari Nini Thowok bersama Sunaryo. Nini Thowok atau Nini Thowong adalah semacam permainan jailangkung yang biasa dimainkan masyarakat Jawa tradisional. Pementasan ini sangat sukses. Kesuksesannya membawa trio tersebut pentas diberbagai acara. Mereka pun mengemas pertunjukan mereka dengan konsep yang lebih matang.
Saat Sunaryo mengundurkan diri, posisinya digantikan Bambang Leksono Setyo Aji, teman sekos Didik. Mereka lantas menyebut kelompok mereka sebagai Bengkel Nini Thowok. Dan di belakang nama mereka melekat nama tambahan Nini Thowok (berarti: "nenek yang menyeramkan"). Setelah itu, karier Didik Nini Thowok sebagai penari terus berlanjut, bahkan Didik sering muncul di televisi. Didik terus mengembangkan kemampuan tarinya dengan berguru ke mana-mana. Didik berguru langsung pada maestro tari Bali, I Gusti Gde Raka, di Gianyar. Ia juga mempelajari tari klasik Sunda dari Endo Suanda serta Tari Topeng Cirebon gaya Palimanan yang dipelajarinya dari tokoh besar Topeng Cirebon, Ibu Suji.
Saat pergi ke Jepang, Didik mempelajari tari klasik Noh (Hagoromo), di Spanyol, ia pun belajar tari Flamenco. Karier Setelah menyelesaikan studinya dan berhak menyandang gelar Didik Hadiprayitno, SST (Sarjana Seni Tari), Didik ditawari almamaternya, ASTI Yogyakarta untuk mengabdi sebagai staff pengajar. Selain diangkat menjadi dosen di ASTI, ia juga diminta jadi pengajar Tata Rias di Akademi Kesejahteraan Keluarga (AKK) Yogya.
Penghargaan Penghargaan yang pernah diraih oleh Didik Nini Thowok adalah sebagai berikut :
·         Soedarpo Award by the Rotary Foundation Rotary International District 3400 (2005)
·         Kala Award by the Governor of Yogyakarta Special Territory (2002)
·         Indonesian Consulate of Kobe, Japan (1998)
·         Sultan Haji Hassanal Bolkiah, Brunei Darussalam (1992)
·         Javanese Cultural Society of Surakarta (1993)
·         Yogyakarta Tourism Department (2000)
·         Indonesian Student Association of Newcastle, Great Britain (1994)
·         Cultural Award, Governor of Yogyakarta (1991)
·         Indonesian Student Association of Hiroshima, Kansai, Japan (1999)
·         Journalist Association of Yogyakarta (1993)
·         First Place Award, Ceremonial Make-up Competition, Yogyakarta (1977)
·         Indonesian Student Association of Belgium (1991)
·         Honors Student, Ministry of Education and Culture, Indonesia (1976)

Kemudian, tarian yang pernah beliau ciptakan diantaranya :
a.       Dewi Sarak Jodag
Menceritakan tentang Dewi Sarak Jodag ( adik dari Raja Klana ). Karena jatuh cinta pada Raden Panji, Ia merubah dirinya menjadi Dewi Chandrakirana, Istri Raden Panji. Tapi Raden Panji mengetahu tipu daya Dewi Sarak Jodag dan menolaknya. Karena merasa malu, ia berubah menjadi sosok yang mengerikan sebagai perwijudan dari rasa malu, marah dan derita. Dalam tarian ini, perubahan karakater dipertihatkan dari penggunaan topeng dan dibumbui sedikit unsur komedi.
b.      Tari Persembahan
Merupakan gabungan gerak tari Bali dan tari Jawa. Inilah tarian pertama yang diciptakan Didik, yang ternyata menjadi awal dari sekian banyak kreasi tari yang diciptakannya di masa depan
c.       Tari Batik
Di sinilah untuk pertama kalinya Didik tampil sebagai penari wanita. Berkebaya dan bersanggul, dengan luwes ia memamerkan gerakan-gerakan tari yang juga merupakan hasil karyanya sendiri itu.
d.      Tari Dwimuka
Tari Dwimuka terinspirasi dari sebuah film dimana salah satu tokohnya menggunakan topeng di belakang kepalanya. Tari-tarian Didik biasanya penuh dengan atraksi komedi, yang mengundang decak kagum dan keceriaan penonton.
e.       Tari Dwimuka Jepindo 1999
f.       Tari Kuda Putih tahun 1987
g.      Tari Topeng Nopeng tahun 1988
h.      Tari Topeng Walang Kekek ditahun 1980

Yap, mungkin sekian dari saya. Perlu diketahui impian saya adalah menjadi seperti Bapak Didik Hadiprayitno, SST. Menjadi pencipta, koreografer yang benar-benar handal. Doakan aja ya. Haha.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Sabtu, 04 Februari 2012

I'Monster Pesta Pedes :D

Assalamu'alaikum wr. wb.
Kali ini saya mau cerita tentang hari ini.
Jadi, hari ini di sekolah saya yaitu SMPN 1 Malang diadakan acara Maulid Nabi Muhammad saw. Semua siswa memakai baju busana muslim bebas. Dan saya memakai baju abu-abu kebanggaan saya yang saya dapat dari seseorang yang amat sangat special.. My Lovely Mother :* wkwk.
Jam setengah 7, saya baru berangkat dari rumah. Karena memang masuknya jam 7. Saya berangkat diantar oleh papa saya tercinta bareng sama adik saya. Setelah mengantar adik saya yang sekolah di SDN Bareng 3, akhirnya saya pun diantar ke sekolah. Dan Alhamdulillah perjalanan lancar dengan sedikit ngebut soalnya papa saya memang papa yang kuuuuvvvuueereeeeen. Seneng banget kebut-kebutan :p.
Kemudian, saya sampai di sekolah. Di depan gerbang sudah disambut dengan senyum yang manis *asek* dari guru-guru PPL. Tak lama kemudian, ada yang teriak-teriak memanggil nama saya. Saya pun mempercepat jalan saya jaga-jaga kalau ada fans yang fanatik *haha. Ternyata itu si Sania, anak kelas 7 di sekolah saya. Dia menggandeng tangan saya dan mengajak saya masuk ke dalam sekolah. Tak lama kemudian dia berkata, "Mbak, aku jelek ya pake jilbab ini?" Saya pun melihat sekilas dari atas hingga bawah, kembali ke atas lagi dan kemudian berkata, "Cantik.. Nggak ada yang jelek kalo pake jilbab.." sambil tersenyum sok cantik *haha. Dan Sania pun akhirnya ikut tersenyum juga.
Setelah itu saya melihat sekeliling mencari-cari ceman-ceman alias teman-teman saya. Ternyata mereka ada di lapangan sedang berkumpul dan membuat lingkaran. Akhirnya saya pun duduk di lingkaran itu juga. Dan ternyata bin ternyata... Setelah saya melihat pakaian dan kerudung teman-teman saya, ternyata kebanyakan dari mereka memakai baju abu-abu dengan kerudung abu-abu juga. Begitupun saya. Jadi kesimpulannya, hari ini adalah hari abu-abu..... *TEPUK TANGAN*
Kemudian, setelah waktu menunjukkan pukul 7, Bapak Rochim dan Bu Agustin sudah mulai memberi aba-aba kepada seluruh siswa untuk baris menurut kelas. Kami pun akhirnya baris menurut kelas dan di absen. Setelah di absen, kami disuruh menghadap ke aula. Karena memang si MC yang mau membuka acara Maulid Nabi di SMPN 1 Malang sudah standby di situ. Acara pun di mulai dari Anca sama Bima yang baca Al-Qur'an + Terjemahan dilanjutkan dengan Pak Rochim yang berpidato sedikit mewakili Bapak Kepala Sekolah yang katanya sedang kurang enak badan. Nah, ini nih yang lucu. Semua siswa kan disuruh bawa buku penghubung buat nyatet ceramah. Nah, waktu Pak Rochim berpidato sedikit itu, kebanyakan dari kami mengira itu ceramahnya. Akhirnya kami nyatet dan alhasil, cuma dapet sedikit. Kami pun senang karena ceramahnya cuma sedikit. Tapi, saat si MC berkata, "Ya marilah kita dengarkan kultum dari Ustadz Ali.." *kurang lebih seperti itu. Ostosmastis alias otomatis kami pun sadar kalau ini yang harusnya di catat di buku penghubung. Bukan pidato dari Pak Rochim tadi. Akhirnya ngakak di tengah lapangan. haha.
Kemudian, setelah kultum selesai, acara lomba-lomba pun dimulai. Saya nggak ikut lomba. Malah nungguin si Intan di UKS soalnya sakit. Yah nggak apalah. Demi sahabat sendiri *asek*.
Setelah si Intan sudah baikan, kami pun pergi ke lapangan untuk melihat dan mendengarkan peserta lomba Da'i mulai berceramah. Selain itu, kami juga mau melihat sang Da'i dari I'Monster yaitu KAKAK AKMAL. hahaha.
Karena I'Monster adalah kelas yang paling buuuuuncrit alamat nunggunya lama. Sembari menunggu *asek*, kami membeli beberapa camilan dari KPN. Tapi sebelum itu, saya dan Intan pergi ke ruang staff untuk mengumpulkan buku penghubung saya. Kami lewat depan ruang tata usaha. Dan ternyataaaa. di situ adaaaaa.... seseorang :p Jujur aja saya aslinya salting. Tapi saya pun menahannya. Malu, banyak temennya :p
Setelah itu, kami membeli kripik yang pedes dari KPN yang harganya seribuan. Bolak balik beli begituan dan dimakan bareng sama anak-anak I'Monster di lapangan. Tak berapa lama, Awak, si Ketua kelas I'Monster tiba-tiba berdiri dan pergi nggak tau kemana. Dan, tak lama kemudian, Awak balik dengan membawa kripik pedes yang hampir sama dengan yang kami beli tadi hanya saja ukurannya lebih besar dan lebih puas. Anak-anak pun bersorak, "Cieee.. Awak ketua kelas yang baik. Ngerti ae anak-anak kepingin. Langsung dibelino sing besar. Makasih Awaaak..." teriak anak-anak I'Monster yang kemudian nggerumbul buat pesta kripik pedes. Dan karena yang makan itu keripik banyak anak, jadi umur keripik tersebut nggak lama. Dalam beberapa menit saja, kripik itu sudah habis diserbu dan dalam beberapa menit pula, anak-anak yang ikutan makan itu keripik langsung berubah ekspresi. Tadi ketawa-ketawa, langsung berubah menjadi megap - megap kepedesan. hahaha. Setelah sukses meredam rasa pedas yang ada di lidah *haha, kami pun kembali ke lapangan dan siap-siap mendengar ceramah dari si Kakak Akmal.
Sesampainya di lapangan, ternyata Kakak Akmal belum maju juga. Akhirnya kami pun bernarsis-narsis ria dengan alay nya. Berikut buktinya:
 

Dari kiri ke kanan : Awak (nggak ikut foto aslinya), Anes (Aku pose alay angka 1), Ayu (pose alay angka 2),
Linggam (pose alay angka 3), Laili (pose alay angka 4. emane ga ketok), Hidayah (pose alay angka 5),
Sita (pose alay angka 6), Leila (pose alay angka 7), Intan (pose alay angka 8)

Di foto ini, badan saya keliatan agak lebar soalnya baju yang saya pakai agak sedikit kedodoran *nggak bohong sumpah ._.

Nah, ini cantik sekali ya ceman-ceman. :D
Tak berapa lama, tibalah kelas 9I dipanggil dan Kakak Akmal pun maju dengan memakai kopyah andalannya. Kami pun bersorak sorai bangga atas penampilan Kakak Akmal yang belum tau menang atau tidaknya. Buahahaha.
Setelah lomba-lomba selesai, kami pun baris sesuai kelas lagi untuk diabsen dan akhirnya pulang. Tapi ternyata, siswa 9I belum boleh pulang karena ada latihan upacara LAGI. Yah nasiib nasiib. Okelah latian. (˘з˘)ง
Dan disitu saya berperan sebagai pleton 3. Dan waktu latian berlangsung, adaaa..... (*you know :p) seseorang yang biasa buat aku salting. haha. Terus malunya lagi, aku bisik-bisik ke Ochi, "Eh, Chi, ganteeeng.." dan ternyata di omongin buuuanter sama Ochi. Muvualu sumpah. (ʃ–ƪ)
Setelah latihan upacara selesai, saya pun pulang.
Yap. Cukup sampe pulang aja ya. Karena apa yang saya alami setelah pulang sekolah nggak sebaik yang saya alami di sekolah. Benar-benar BURUK. (⌣́_⌣̀)

Sekian dari saya, jika ada salah-salah kata saya mohon maaf.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Kamis, 02 Februari 2012

Ciri Orang Berbohong

Assalamu'alaikum wr. wb.
Kali ini saya mau membahas tentang ciri-ciri atau tanda-tanda orang berbohong. Langsung aja, berikut uraiannya.
1. Kenali cara dia biasanya berbicara. Sebagai seorang teman, kalian pasti mengetahui cara biasanya sahabat atau orang yang kalian kenal ketika berbicara. Ada hal-hal yang khas dari setiap orang ketika mengujarkan sesuatu, baik ketika sedih, senang, marah, dan lain sebagainya. Biasanya ciri ini juga diikuti dengan gesture khusus, seperti gerak bibir, tangan, badan, mata, alis dan lain sebagainya yang satu sama lain memiliki perbedaan. Cara-cara yang tidak sama dengan cara yang biasanya dilakukan ketika berbicara bisa menjadi petunjuk awal.
2. Perhatikan tekanan-tekanan dalam pola bicaranya. Seseorang yang berada dalam tekanan dan desakan psikologis juga mengalami tekanan fisik tertentu sebagai imbasnya. Misalnya detak jantung yang meningkat dan aliran darah yang cepat. Hal ini mempengaruhi aktivitas fisik lainnya, dalam hal ini adalah aktivitas berbicara. Orang yang berbohong cenderung memiliki nada bicara dan tekanan yang tidak wajar. Hal ini dikarenakan oleh tekanan serta pertimbangan pikiran yang tarik ulur dalam menyatakan kebohongan. Pada dasarnya, menyatakan kebohongan adalah hal yang secara alamiah akan memberikan tekanan sekaligus pada kondisi psikologi, fisik, serta mental. Oleh karena itu, tekanan yang muncul lebih besar,
3. Lihatlah beberapa pertanda dan gesture (gerak-gerik) khusus yang muncul. Berikut ini adalah beberapa pertanda dan gesture yang seringkali dijumpai pada orang yang sedang berbohong :
  • Gerak tubuh yang minim atau sama sekali tidak bergerak atau justru bergerak secara berlebihan. Orang yang sedang berbohong cenderung 'membeku', tidak sering berhadapan dengan lawan bicara,dan berusaha meminimalisasi gerak tubuhnya. Ada pula yang justru bergrak secara berlebihan. Semua itu adalah usaha untuk menghindari munculnya tanda-tanda bahwa dia sedang berbohong. Namun, hal ni justru juga bisa menjadi petunjuk bahwa seseorang sedang berbohong.
  • Tidak ada kontak mata. Orang sedang berbohong seringkali menghindari kontak mata. Secara naluriah, dia akan menghidari tatapan mata lawan bicaranya. Kontak mata dalam berbicara merupakan pendukung dan juga menyimpan informasi tambahan ketika berbicara. Dengan melakukan kontak mata, seseorang yang sedang dibohongi akan menangkap signal informasi yang tidak sinkron dengan apa yang diucapkan. Itulah mengapa kemudian ada juga ilmu ilmiah membaca pikiran orang lain melalui kontak mata.
  • Gesture bagian tubuh lain yang menunjukkan rasa tertekan. Misalnya garuk-garuk, memainkan kuku jari, mengedipkan mata secara berlebihan, menelan ludah berkali-kali, dan gerakan lain yang dilakukan berulang-ulang. Perasaan takut, gugup, tidak nyaman, serta bayangan tentang apa yang akan terjadi jika dia diketahui berbohong akan membuat orang mengalami tekanan yang tinggi dan melakukan hal-hal yang sebenarnya menunjukkan kegelisahan.
  • Melihat ke bagian kanan atas. Melihat ke arah ini diasosiasikan sebagai usaha untuk memperkerjakan dan mengolah otak kanan untuk memunculkan imajinasi, yaitu usaha untuk membuat jalinan cerita berdasarkan apa yang telah diceritakannya. Sebaliknya, melihat ke bagian kiri disosiasikan sebagai usaha memanggil memori untuk menyatakan kebenaran/jalinan cerita yang sesungguhnya.
  • Mata yang terbuka lebar dan memasang tampang innocent (tidak bersalah). Kebiasaan di masa kecil yang masih kita bawa sekarang adalah membuka mata selebar-lebarnya dan membuat tampang innocent, seolah-olah hendak berkata, "Siapa? ....Aku yang bersalah?!" Hal ini sering kita lakukan pada saat kecil dulu ketika mama memergoki ada sebungkus roti gede yang hilang dari kulkas.
  • Bicara yang tersendat-sendat (paused). Tidak semua orang memiliki bakat yang besar dalam membuat cerita serta berbicara dengan lancar pada saat berbohong. Sehingga, seringkali ditemui pembicaraan yang dihentikan sejenak dan dalam tempo yang tidak wajar. Biasanya terjadi ketika suatu bagian cerita bohong hendak dilontarkan, yaitu ketika dia sedang berusaha mengarang suatu jalinan cerita. Di sinilah biasanya cerita yang disampaikan mulai tidak konsisten dan berubah-ubah.
  • Menyentuh hidung dan menutup wajah atau mulut. Ini juga merupakan bawaan sejak kecil, yang merupakan respon reflektif ketika seseorang ingin menutup-nutupi sesuatu.
  • Nada bicara yang tinggi. Orang yang berbohong cenderung menaikkan nada bicara. Baik karena sebagai usaha menegaskan informasi yang disampaikan, emosi yang meningkat, maupun tekanan yang tinggi. Hal ini akan sangat mudah diketahui apabila kalian telah mengenal kebiasaan berbicara lawan bicara.
4. Mengurangi/menghilangkan informasi yang harus disampaikan. Berbohong tidak hanya dengan mengucapkan hal yang tidak sebenarnya, namun juga dengan menghilangkan informasi yang seharusnya dikatakan pada lawan bicara. Indikasi ini sebenarnya justru lebih mudah diketahui karena biasanya jalinan informasi/atau cerita yang disampaikan menjadi tidak utuh dan menimbulkan banyak pertanyaan. Pertanda-pertanda tersebut di atas masih tetap akan muncul. Setelah menyampaikan informasi dengan gaya yang meyakinkan, dia akan melakukan gesture-gesture tertentu, misalnya menyentuh hidung atau menutup mulut/wajah.
5. Tanyailah orang yang kalian duga berbohong. Tentu saja cara ini juga akan mengundang resiko besar. Apabila, ternyata lawan bicara anda tidak berbohong, maka cara ini akan membawa dampak buruk. Oleh karena itu, pergunakan cara ini jika kalian telah mendapatkan banyak pertanda di atas dan yakin benar bahwa lawan bicara telah berbohong. Akan tetapi, membiarkan dan tidak menanyai orang yang sedang berbohong pun juga akan berdampak sangat buruk, terutama bagi si pelaku. Oleh karena itu, cara ini juga merupakan solusi agar si pelaku kebohongan mengaku dan masalah kemudian dapat dicarikan solusi untuk diselesaikan.
6. Gunakan Intuisi. Percaya atau tidak, manusia diciptakan memiliki intuisi. Selain itu, manusia diciptakan untuk mengatakan kebenaran. Oleh karena itu manusia pada dasarnya susah untuk melakukan kebohongan dan sulit untuk dibohongi. Intuisi sama sekali berbeda dengan nafsu, karena nafsu berkaitan dengan keinginan, sehingga bersifat subjektif. Sedangkan intuisi bersikap objektif dan tidak berdasarkan dengan keinginan. Jadi merasa dibohongi dan berprasangka dibohongi tidaklah sama. Sebelum meyakini diri anda dibohongi, tanyakanlah pada diri anda apakah ini karena prasangka ataukah karena intuisi anda. Meskipun anda pada akhirnya tidak tahu apakah anda dibohongi dengan adanya bukti, tapi setidaknya anda tahu bahwa seseorang sepertinya sedang berbohong pada anda sehingga anda tidak akan mempercayainya begitu saja.

Nah, itu sekiranya tanda-tanda orang berbohong yang saya ketahui. Jadi, kenalilah orang-orang di sekitar kalian.
Sekian dari saya. Maaf bila ada kata-kata yang kurang pas.
Wassalamu'alaikum wr. wb.

Air Putih dan Manfaatnya

Assalamu'alaikum wr. wb.
Halo semuaaa. Kali ini si orang yang cerewet ini mau membahas tentang AIR PUTIH.
Nah, air putih itu banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Air putih mempunyai peranan penting bagi metabolisme tubuh manunisa. Karena sekitar 80% tubuh manusia itu terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting tubuh manusia yang memiliki kadar air di atas 80%. Untuk kebutuhan tubuh, sedikitnya, kita membutuhkan 2 liter/hari atau kurang lebih 8 gelas sehari air putih yang harus kita minum. Khusus bagi para perokok, jumlah tersebut hendaknya lebih ditambah setengahnya. Air yang kita minum diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh, seperti air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Dokter pun juga menyarankan sebisa mungkin kita mengkonsumsi air putih 8-10 gelas setiap harinya, agar metabolisme tubuh berjalan normal.
Kalau kita mengkonsumsi air putih kurang dari 8 gelas, efeknya secara langsung memang nggak terasa. Tapi sebagai konsekuensi, tubuh akan menyeimbangkan diri dengan jalan mengambil sumber dari komponen tubuh sendiri. Di antaranya dari darah. Kekurangan air bagi darah amat berbahaya bagi tubuh. Soalnya, darah akan menjadi kental. Akibatnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan pun bisa terganggu.
Darah yang kental tersebut juga akan melewati ginjal yang berfungsi sebagai filter atau alat untuk menyaring racun dari darah. Ginjal memiliki saringan yang sangat halus, sehingga jika harus menyaring darah yang kental maka ginjal harus kerja ekstra keras. Bukan tidak mungkin ginjal akan rusak dan bisa saja kelak akan mengalami cuci darah atau dalam bahasa medis biasa disebut hemodialisis
Itu kurang lebihnya pengaruh kurang air terhadap kerja darah dan ginjal. Kekurangan konsumsi air juga berpengaruh pada otak. Perjalanan darah yang kental tersebut juga akan terhambat saat melewati otak. Padahal, sel-sel otak paling boros mengonsumsi makanan dan oksigen yang dibawa oleh darah. Sehingga fungsi sel-sel otak tidak berjalan optimal dan bahkan bisa cepat mati. Kondisi tersebut akan semakin memicu timbulnya stroke. Karena itu jangan sampai kekurangan air ya...

Manfaat Air Putih
1. Memperlancar sistem pencernaan. Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindar dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

2. Membuat tubuh lebih berenergi.
Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.

3. Perawatan kecantikan. Kalau kita kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit. Untuk menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh harus benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8 – 10 gelas sehari.

4. Menyehatkan jantung. Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, usus, penyakit kewanitaan, dll. Bahkan saat ini cukup banyak pengobatan altenatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.

5. Sebagai obat stroke. Air panas tak hanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh, seperti karena stroke. Sebab, air tersebut dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan. Efek panas menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran. Kandungan ion-ion terutama khlor, magnesium, hidrogen karbonat dan sulfat dalam air panas, membantu pelebaran pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu pH airnya mampu mensterilkan kulit.

6. Efek relaksasi. Kenapa bisa relaksasi? Coba deh kalian berdiri di bawah shower rasain efeknya di tubuh. Pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan, bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan. Bukan itu saja jika mengalami ketegangan otot dapat dilegakan dengan mandi air hangat bersuhu sekitar 37 derajat C. Selagi kaki terasa pegal kita sering dianjurkan untuk merendam kaki dengan air hangat dicampur sedikit garam. Nah, jika Anda punya shower di rumah cobalah mandi dan nikmati hasilnya. Oh ya, shower di rumah juga menghasilkan ion negatif.

7. Menguruskan badan. Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin. Jadi, mau kurus? Banyak minum air putih ajaa...

8. Tubuh terlihat lebih bugar. Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Mungkin kita lebih dapat bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang kurang air. Sebab, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia. Jumlah air yang menurun dalam tubuh, fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun dan lebih mudah terganggu oleh bakteri, virus, dll. Namun, tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2-2,5 l (8 – 10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti dari kuah sup, soto, dll), minuman seperti susu, teh, kopi, sirup dll. Selain itu, asupan air juga diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan metabolisme jaringan di dalam tubuh.
Nah, air juga dikeluarkan tubuh melalui air seni dan keringat. Jumlah air yang dikeluarkan tubuh melalui air seni sekitar 1 liter per hari. Kalau jumlah tinja yang dikeluarkan pada orang sehat sekitar 50 – 400 g/hari, kandungan aimya sekitar 60 – 90 % bobot tinja atau sekitar 50 – 60 ml air sehari.
Sedangkan, air yang terbuang melalui keringat dan saluran napas dalam sehari maksimum 1 liter, tergantung suhu udara sekitar. Belum lagi faktor pengeluaran air melalui pernapasan. Seseorang yang mengalami demam, kandungan air dalam napasnya akan meningkat. Sebaliknya, jumlah air yang dihirup melalui napas berkurang akibat rendahnya kelembapan udara sekitamya.
Tubuh akan menurun kondisinya bila kadar air menurun dan kita tidak segera memenuhi kebutuhan air tubuh tersebut. Kardiolog dari AS, Dr James M. Rippe memberi saran untuk minum air paling sedikit seliter lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22 %! Bisa dimengerti bila kehilangan 7%, kita akan mulai merasa lemah dan lesu.
Asal tahu saja, aktivitas makin banyak maka makin banyak pula air yang terkuras dari tubuh. Untuk itu, pakar kesehatan mengingatkan agar jangan hanya minum bila terasa haus Kebiasaan banyak minum, apakah sedang haus atau tidak, merupakan kebiasaan sehat!
Jika sering berada di ruang ber-AC, dianjurkan untuk minum lebih banyak karena udara yang dingin dan tubuh cepat mengalami dehidrasi. Banyak minum juga akan membantu kulit tidak cepat kering. Di ruang yang suhunya tidak tetap pun dianjurkan untuk membiasakan minum meski tidak terasa haus untuk menyeimbangkan suhu.
Nah, itulah beberapa manfaat air putih yang saya ketahui. Selain itu, masih banyak lagi manfaat-manfaat air putih yang lain. Jadi, perbanyaklah minum air putih ya ceman-cemaan. Biar kita lebih sehat.
Sekian dari saya. Kurang lebihnya saya mohon maaf.
Wassalamu'alaikum wr. wb.

Rabu, 01 Februari 2012

12 Cara Mudah Menghilangkan Stress

Assalamu'alaikum wr. wb.
Halo semua.. Kali ini saya akan membahas tentang cara-cara mudah menghilangkan stress atau kepenatan.
Jadi, di antara kalian pasti pernah kan mengalami yang namanya stress alias penat atau yang biasa dibilang sumpek. Penyebab stress itu bisa bermacam-macam loh. Mulai dari banyak masalah dengan orangtua, teman, atau mungkin pacar, ada juga yang stress gara-gara sekolah kebanyakan tugas, atau stress karena mau ujian, dan masih banyak lagi penyebab yang namanya stress atau kepenatan.
Sebenarnya nih, stress itu bisa dihilangkan dengan berbagai macam cara atau metode mulai dari cara alami sampai dengan bantuan medis yang berteknologi canggih.
Nah, sekarang saya ada beberapa cara mudah untuk menghilangkan stress. Insya Allah bisa membantu kalian yang sedang mengalami stress ringan akibat berbagai masalah yang terjadi dalam hidup:
1. Olah raga teratur. Stress itu bisa dihilangkan dengan cara olah raga. Apalagi nih bagi orang-orang yang gemar banget olah raga, cara ini bisa banget buat menghilangkan stress atau kepenatan mereka. Olah raga menjadi suatu hiburan yang memang mengasyikkan serta menyehatkan.
2. Lakukan relaksasi dengan menghirup nafas dalam-dalam di tempat terbuka. Stress, penat, sumpek itu bisa terjadi karena kurangnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh kita. Jadi, lakukan relaksasi dengan menghirup nafas di tempat terbuka. Biasanya relaksasi ini dilakukan di tempat-tempat yang dingin. Bukan di kulkas loh ya.... Tapi di tempat-tempat yang sejuk, misal di bawah pohon, di daerah pegunungan dan perbukitan yang memang masih benar-benar sejuk dan belum tercemar, seperti di daerah Batu.
3. Makan makanan yang bergizi dan seimbang. Stress bisa dihilangkan dengan cara memakan makanan yang bergizi dan seimbang secara teratur dan secukupnya. Jadi tidak boleh makan secara berlebihan karena bukan malah sembuh stress, bisa-bisa kalian tambah gendut lagi.. Terus gak boleh makan cuma sedikit. Karena asupan gizi nanti bisa kurang. Ibaratnya nih, kendaraan bermotor kalau gak di kasih bensin apa bisa nyala? Gak bisa kan? Itu kaya otak dan organ tubuh kita. Kalau gak ada energi yang mengisi, mereka tidak dapat bekerja dengan baik. Akibatnya, kita tidak bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan maksimal.
4. Minum multivitamin jika diperlukan. Multivitamin itu penting juga. Karena multivitamin tersebut dapat menjaga stamina kita supaya siap menjalani aktivitas sehari-hari.
5. Tidur yang cukup. Tidur yang cukup sangat penting supaya kita merasa lebih fresh atau segar ketika bangun. Jangan terlalu banyak tidur karena tidak baik untuk kesehatan. Kurang tidur pun kurang baik untuk kesehatan. Terutama bagi remaja-remaja wanita.
6. Bersih-bersih. Lingkungan yang bersih bisa membuat pikiran rileks alias tenang. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membersihkan lingkungan kalian.
7. Atur jadwal. Stress bisa juga disebabkan karena kurang baiknya memanajemen waktu. Cobalah untuk hidup lebih teratur mulai dari sekarang, tidur cukup, kerja dengan cukup, luangkan waktu untuk bersantai di akhir pekan, hang out bareng teman, keluarga, atau pacar agar pikiran bisa lebih fresh.
8. Kurangi kopi. Jangan mengkonsumsi kopi berlebihan hanya karena anda selalu merasa baikan setelah minum kopi. Kenapa? Karena kopi mengandung nikotin yang bersifat adiktif dan membuat aliran darah mengalir kencang sehingga sangat rentan memperburuk stress. Jadi, kalau mau minum kopi, ya secukupnya saja...
9. Mendengarkan musik. Dengarkanlah lagu yang kalian sukai saat pikiran terasa suntuk. Pilihlah lagu-lagu dengan beat cepat sehingga bisa membangun semangat untuk beraktivitas. Jangan lagu-lagu mellow yang bercerita tentang kesedihan patah hati ataupun ditinggal mati kekasih, karena itu akan menciptakan sugesti negative pada pikiran.
10. Pijat tubuh. Metode pijat juga bisa kalian gunakan untuk mengendurkan otot-otot tubuh. Dengan banyaknya penyedia jasa pijat di salon kecantikan atau pusat kebugaran dan kesehatan, menghilangkan stres jadi jauh lebih mudah.
11. Berlibur. Jika stress tak lagi bisa ditahan, maka jalan keluarnya adalah keluar dari kesibukan sehari-hari. Menyediakan waktu berlibur bisa menghilangkan stress sekaligus mengembalikan energi yang hilang. Pilihlah tempat-tempat liburan yang benar-benar sesuai dengan hobi kalian.
12. Banyak beribadah. Perbanyaklah sholat, do'a, membaca AlQuran. Dekatkanlah diri kepada Allah SWT. Orang yang dekat pada Allah SWT akan mendapat ketenangan dan ketentraman dalam hidupnya.

Nah, itulah cara-cara mudah menghilangkan stress dari saya. InsyaAllah bisa membantu kalian menyembuhkan stress atau kejenuhan kalian dengan masalah yang ada. Mohon maaf bila ada salah.
Wassalamu'alaikum wr. wb.
Selamat datang, Terima kasih telah berkunjung. Jangan lupa follow blog ini ya :)