Selasa, 31 Januari 2012

Karya Seni Indonesia yang Paling Populer

Assalamu'alaikum wr. wb.
Kali ini saya mau membahas tentang karya-karya seni Indonesia yang paling populer di dalam maupun luar negeri. Berikut uraiannya.

1. Kain
Kain Indonesia salah satu karya tradisional nusantara yang sangat beragam. Ada batik tulis, batik cap Jawa, kain ikat Nusa Tenggara, sarung sutra dari Sulawesi, kain Prada Bali, kain songket gemerlap atau tenun ikat dari palembang, hingga Tapis dari Lampung.
Kerajinan kain tenun dari berbagai daerah di Indonesia tidak saja menggunakan material atau bahan berbeda, namun juga perbedaan metode, warna, dan desain. Bahkan setiap simbol dan desain memiliki makna dan digunakan untuk keperluan berbeda. Misalnya, ada desain dan warna khusus yang hanya boleh digunakan keluarga kerajaan, ada desain yang khusus untuk kaum pria atau khusus untuk wanita, desain khusus mempelai, peristiwa kelahiran, kematian, hingga upacara ritual dan keagamaan. Intinya, kain tradisional Indonesia memainkan peranan penting dalam berbagai upacara tradisional.

2. WayangWayang dalam media dan bentuk yang berbeda-beda sudah digunakan di tanah air selama berabad-abad untuk menyampaikan kisah atau epik kuno yang penuh makna dan pelajaran akan kehidupan. Misalnya kisah Ramayana dan Mahabarata atau kisah mitos kuno lainnya. Di masa modern, wayang yang merupakan peninggalan kuno tetap digunakan untuk menyampaikan pesan kepada para audiens modern
Secara umum, wayang terdiri dari dua kategori besar yaitu wayang kulit dari Jawa Tengah dan wayang golek dari Jawa Barat yang terbuat dari bahan kayu. Ada pula wayang klitik yang terbuat dari material kayu namun dalam bentuk pipih seperti wayang kulit.

3. Keramik
Keramik masuk ke Indonesia melalui pedagang-pedagang China sejak masa 205 SM. Dewasa ini ada keramik yang antik maupun keramik yang diproduksi di era modern dengan desain dan bentuk antik. Semua bisa dilihat di Museum Keramik Jakarta. namun yang merupakan asli karya Indonesia adalah kerajinan tembikar asal Lombok, ataupun tembikar buatan desa Kasongan DIY.

4. Kerajinan Dari Bahan Alam
Alam Indonesia yang kaya raya menyediakan beragam bahan alami yang kemudian mampu dijadikan sebuah karya seni indah olah tangan-tangan seni. Sejumlah serat alami yang kerap dijadikan bahan, antara lain serat daun pandan, rotan, bambu dan jerami. Selain itu, ada pula beragam kerajinan tangan yang menggunakan bahan yang disediakan alam seperti dari bahan tulang, karet, batok kelapa, kerang, tanduk hewan.
Khusus hasil kerajinan dari bahan kulit kerang, Indoensia boleh disebut pusatnya. Ini sangat dimungkinkan lantaran wilayah geografis Indonesia yang merupakan negeri kepulauan dengan lebih dari 17 ribu pulau.

5. Ukiran Kayu & BatuUkiran atau pahatan kayu tiga dimensi menjadi salah satu ciri khas Indoensia yang mendunia. Seni mengukir kayu ini, termasuk topeng bisa diterima di berbagai daerah di Indonesia dengan keunikan dan kekhasan masing-masing. Yang paling populer tentu saja ukiran Bali dan Jawa Tengah meskipun ukiran yang berasal dari Jawa Barat, Madura, Sumatera dan Papua juga tak kalah indah dan anggunnya. Khusus ukiran batu, umumnya bisa ditemui di daerah Bali & Yogyakarta.

6. Instrumen MusikDiversitas klutural selain menghasilkan keragaman karya seni juga membuat perbedaan pada tradisi seni musik dan instrumen musik tradisional. Maka lahirlah Angkling di Jawa Barat, Gamelan dari Yogyakarta dan Bali, Kolintang dari Minahasa, hingga alat musik petik lima nada Sasando dari Flores.

Nah, itulah keenam karya seni Indonesia yang populer di dalam maupun luar negeri. Jadi, kita harus bangga dengan tanah air kita Indonesia karena memiliki berbagai kesenian yang memang sudah terkenal sampai mancanegara. Dan satu lagi, kita jangan malu untuk memakai pakaian-pakaian atau kerajinan dari bangsa Indonesia itu sendiri. Meskipun terkesan kuno, tapi kesenian atau kerajinan atau pakaian-pakaian asli karya rakyat Indonesia tersebut sudah terkenal hingga seluruh penjuru dunia. Dan jangan segan-segan untuk meneruskan atau menjaga kebudayaan dan hasil kesenian Indonesia supaya kesenian tersebut tidak hilang begitu saja. Kan, istilahnya eman banget rek lek ilang :p
Sekian dari saya. Mohon maaf bila ada salah kata.
Wassalamu'alaikum wr. wb.

Dampak Pacaran di Kalangan Remaja

Assalamu'alaikum wr. wb.
Kali ini, saya mau membahas tentang dampak positif negatifnya pacaran. Saya tau diantara kalian yang lagi baca ini postingan, pasti ada yang sudah punya pacar atau pernah pacaran *termasuk saya. Sekarang apa kalian tau apasih manfaat atau dampak pacaran di kalangan remaja? Berikut saya uraikan pendapat saya tentang dampak positif dan negatifnya pacaran di kalangan remaja.
Dampak Positif.
1. Adanya motivasi dalam belajar karena dukungan dari sang pacar. Kalau kehadiran atau adanya sang pacar kita jadikan untuk memotivasi kita supaya lebih rajin belajar, lebih meningkatkan nilai kita, maka pacaran itu mengakibatkan dampak positif bagi kita. Contohnya nih misal pacar kita dapat nilai bagus. Sedangkan kita dapat nilai yang jauh dibawah nilai sang pacar. Terus kita berusaha dan belajar terus supaya mendapat nilai yang bagus dan melampaui nilai pacar kita.
2. Bisa menambah luas pergaulan. Misalnya nih, kalian dikenalin sama orangtua, adik, kakak, saudara, teman, sahabat si pacar. Nah kan jadi tambah banyak tuh kenalannya. Semakin banyak yang kenal dengan kita, maka semakin luas pergaulan kita.
3. Timbulnya perasaan aman, tenang, nyaman, bahagia dan terlindung saat bersama pacar. Biasanya nih kalau kita lagi jalan sama pacar, atau pokoknya lagi sama pacar deh itu kita merasa nyamaaan banget. *pengalaman pribadi. Selain itu kita ngerasa kaya tenang dan buat cewek mungkin ngerasa aman karena ada sang pacar yang melindungi kita. Dan kalau lagi jalan sama si pacar, menurut saya rasanya itu kaya mumbul, terbang ke awan tuh. Seneeeeeeng banget. :p

Dampak Negatif
1. Prestasi belajar menurun. Jika kita menjadikan pacaran itu kegiatan utama dan menyepelekan dan meninggalkan kegiatan lain, semisal kegiatan bimbingan belajar, mengerjakan pr, hanya untuk berpacaran, itu FATAL. Prestasi belajar kita lama-lama bisa turun cuma gara-gara pacaran. Parahnya lagi nih, kalo misal kalian lagi ada masalah sama sang pacar. Kalian mikirin itu masalah, sampai stress atau buat cewek sampai nangis ga berhenti-berhenti. Sekarang daripada kalian mikirin itu masalah sampai stress, nangis-nangis kaya gitu, mendingan waktu nangis kita itu digunain buat belajar bisa kan? Atau kalau kalian bosen belajar, minimal kalian baca-baca buku atau melakukan apapun hobi kalian yang bisa membuat kalian bahagia. Lebih bermanfaat kan? *berdasarkan pengalaman pribadi.
2. Menjadi malas belajar. Ini nih, parah banget. Gara-gara pacaran, buku pun diabaikan. Bahkan bukan buku aja yang diabaikan. Bisa-bisa sekolah pun diabaikan. Nilai dianggap gak penting. Padahal itu nilai kan berpengaruh banget ya sama pendidikan kita dan masa depan kita. Jangan sampai tuh mengabaikan nilai atau mengabaikan sekolah. Jadikan pacaran jangan sebagai hobi. Tapi sebagai hiburan saja. Bukan berarti gak serius loh ya.. :)
3. Bisa mengurangi waktu bersama dengan sahabat atau keluarga. Iya kan? Misal nih. Malam Minggu kalau biasanya kita menghabiskan waktu bareng sahabat-sahabat kita atau sama keluarga kita sekarang malam Minggu dihabiskan dengan sang pacar. Jelas banget waktu kita bersama keluarga atau sahabat tersita untuk pacar. Jadi solusinya nih, harus pinter bagi waktu untuk keluarga, sahabat, dan pacar. Jangan sampai salah satu dari mereka ada yang kecewa dengan kalian karena kalian gak ada waktu mereka membutuhkan.
4. Bisa menambah beban pikiran. Ini nih yang sudah saya bilang di atas. Pacaran bisa nambah beban pikiran. Apalagi kalau lagi tengkar dan ada masalah yang bener-bener menyita perhatian dan waktu kita. Bahkan ada tuh yang sampai stress dan butuh jasa psikolog untuk memulihkan dia dari stress gara-gara putus cinta. Wah.. Naudzubillah. Semoga kita gak termasuk dalam golongan orang-orang yang stress hanya karena putus cinta.
5. Mengurangi  ibadah. Ini juga parah banget. Jangan sampai deh terjadi sama kita. Cuma gara-gara pacaran atau ngobrol atau jalan sama pacar kita jadi lupa buat beribadah. Lupa sholat, lupa ngaji, lupa berdoa. Wah Naudzubillah ya. Kalau bisa nih, misal waktu lagi ngobrol sama pacar atau lagi jalan sama pacar, ada suara adzan. Ajak tuh pacar kamu buat sholat. Jangan malah pura-pura gak denger suara adzan. Dosa tau! (┌˘.˘)┌

Oke, setelah baca tuh dampak positif negatifnya pacaran, coba deh renungin. Kalian udah dapet dampak positifnya belum? Udah berusaha menjauhi dampak negatifnya belum? Coba direnungin yah.
Sekian dari saya. Kalau mau menambahkan ya silahkan. Mohon maaf kalau ada kesalahan. Maklum masih belajar :) Terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr.wb.

Minggu, 08 Januari 2012

Beautiful Day With Friends

Assalamu'alaikum wr.wb.
Halo semuaaa.. setelah lama saya menghilang dari peredaran blogging, akhirnya makhluk yang tidak diketahui asalnya ini kembali di hadapan kalian untuk sekedar bercerita dan bercerewet ria #apasih #abaikan.
Oke, jadi kemarin, saya berencana pergi ke Taman Wisata Selecta yang terletak di Batu bersama ceman-ceman cemuanya. #alay. Yapp. Di schedule #asek, kita berkumpul di dekat terminal Landungsari pada pukul 8. Tapi kenapa, kenapa, kenapa, anak-anak datangnya nelaaaaat. *termasuk aku. ._.v Maklumlah budaya Indonesia, JAM KARET.
Lanjut ke cerita ya ciin.
Akhirnya pada pukul 9, kami berangkat dari Landungsari menuju Selecta menggunakan mobil dari Billa dan Niar. Dalam perjalanan, mobil Billa yang saya tumpangi berhenti sejenak di pom bensin pendhem *kalo ga salah, untuk menjemput Tiyas dan Laili yang memang sudah ngentang alias garing nungguin rombongan dari Landungsari. Setelah itu perjalanan pun berlanjut.
Sesampainya di Selecta, saya, dan teman-teman saya yang menumpang di mobil Billa segera tolah-toleh alias tengok kanan tengok kiri seperti KADAL KATE NYEBRANG (*remember something? :p) untuk mencari teman-teman saya yang menumpang di mobil Niar. Setelah bertemu, akhirnya masuk dah tuh rombongan ke Selecta.
Awalnya, cewek cowok jalan bareng. Maksudnya masuk barengan gak misah-misah. Tapi ketika ada sebuah persimpangan.... Jeng jeng... #apasih #lebay. Rombongan cewek yang menyerupai 7Icons karena memiliki 7 personil, memilih sebuah tangga untuk berjalan menaiki bukit. (*emang bukit ya?) sedangkan rombongan cowok yang menyerupai DragonBoyz karena memiliki 5 personil memilih untuk menuruni tangga dan entah kemana. #BoybandLovers #GirlBandLovers -________-
Setelah berjalan dan naik, naik, naik, mendaki, mendaki, mendaki, akhirnya.. kami menemukan sebuaaah.... JALAN BUNTU. horeeeeeeee!!!! -______________-
Okelah.. akhirnya kami pun kembali ke posisi semula. Dalm perjalanan menuruni bukit #ea, kami sedikit berfoto-foto ria alias numpang narsis di HP Niar sama kamera Billa. Berikut salah satu fotonya.
Dari kiri ke kanan: Billa, Ayu, Tiyas, Laili, Anes (Saya), Linggam
Photo by : Niar

Setelah sampai di posisi semula, kami pun melanjutkan perjalanan ke taman bunga yang ada di Selecta. Lagi-lagi, anak-anak pada narsis *termasuk saya. Ini foto-fotonya.

Wajah-wajah alay para 7Icons *gadungan
Di terowongan Casablanca *palsu

Lalu kami pun berputar-putar untuk mencari ceman-ceman laki-laki. Hasilnya, nihil booo~..
Setelah beberapa jam kami berputar-putar, ternyata bin tibake tuh anak-anak cowok pada renang di kolam renang (*yaiyalah). Setelah bertemu, kami berpisah lagi. Cowok-cowok pada renang, cewek-cewek pada narsis lagi. Ininih beberapa fotonya.
Duo cherrybelle di depan :D

Pose secantik-cantiknya :D
Kemudian, setelah capek berkeliling, kami duduk di sebuah tempat duduk yang ada payungnya. Bercanda, tertawa, dan sebagainya. Ketika sudah masuk waktu sholat Dhuhur, kami pun menuju musholla untuk sholat. Setelah sholat, kami terasa lapar. Berangkat dah tuh ke bakso di atas bukit. Harganya 8rb cin.. Tapi isinya cuma dikit. Alaaaaah --"
Kemudian kami duduk-duduk di dekat penjual Bakso itu sambil bercanda ria.
Setelah bosan di atas, kami turun dari bukit dan duduk-duduk lagi --'
Capek, sudah sore, pulang deh.
Sekian cerita dari saya. Maaf ending ga nyenengin. Soalnya ini nulis posting sambil dikejar waktu.
Terimakasih. Wassalam.
Selamat datang, Terima kasih telah berkunjung. Jangan lupa follow blog ini ya :)