Sabtu, 10 November 2012

Tiga Kata Ajaib

Di dunia ini, sebenanya ada kata-kata ajaib yang sangat mudah dan sudah seharusnya dibiasakan untuk diucapkan dalam  kehidupan sehari-hari. Apa saja kata-kata ajaib itu?

Yang pertama, "Tolong". Simple memang. Tapi kata "tolong" mempunyai makna yang sangat besar. Biasakan ucapkan kata ini saat kita sedang meminta bantuan. Selain terkesan sopan, orang yang kita mintai tolong tidak akan tersinggung. Bayangkan saja, misal kita hendak minta tolong ke seseorang seperti ini, "Tutup pintunya!" Pasti orang yang kita mintai tolong ini berfikir bahwa kita kurang sopan. Seenaknya menyuruh dengan tidak sopan dan kasar seperti halnya sang Bos besar menyuruh anak buahnya dengan seenaknya sendiri. Bandingkan dengan kita berkata seperti ini, "Bisa minta tolong pintunya ditutup?" Lebih sopan bukan?

Yang kedua, "terima kasih". Dua kata. Cukup simple juga. Tapi maknanya besar. Kita harus membiasakan mengucap kata terima kasih setelah kita meminta bantuan pada orang lain. Selain sopan, mengucapkan terima kasih ini juga bisa menyenangkan hati orang yang membantu kita. Sebagai contoh, kita meminta tolong pada orang lain, "Tolong bantuin membawa barang-barang ini dong." Kemudian setelah dibantu, kita diam saja dan langsung pergi saja tanpa mengucapkan terima kasih pada orang yang membantu kita. Pasti orang tersebut akan berfikir bahwa kita tidak sopan, "Sudah dibantuin, malah langsung pergi. Tidak tau terima kasih." Bandingkan dengan setelah kita meminta tolong kita ucapkan, "Terima kasih bantuannya," dan disertai senyum. Pasti orang yang membantu kita itu senang hatinya karena kita menghargai bantuannya. Benar bukan?

Lalu yang ketiga, "maaf". Kata paling pendek daripada yang lain. Maknanya pun juga besar. Biasakan mengucap kata maaf jika kita menyakiti orang lain. Jangan malu untuk mengucap maaf terlebih dahulu. Jangan mementingkan harga diri jika dalam hal meminta maaf. Jika ada masalah dengan orang lain, sebisa mungkin meminta maaflah terlebih dahulu. Jangan mementingkan ego masing-masing. Karena jika ego dan harga diri di nomor satukan, kita pasti akan merasa gengsi dan tidak mau meminta maaf duluan. Dan masalah kita dengan orang itu pun tidak akan selesai-selesai.

Nah jadi itulah tiga kata ajaib yang ada di dunia ini. Biasakan mengucap ketiga kata tersebut dalam berkehidupan sehari-hari. Lebih baik lagi jika ketiga kata tersebut diucapkan dengan nada yang halus, sopan, dan disertai senyum. Jika kita terbiasa mengucapkan ketiga kata tersebut, orang lain akan menilai bahwa kita adalah orang yang sopan dan santun, tahu terima kasih dan tidak seenaknya sendiri. Dan biasanya, orang lain pun akan suka berteman dan dekat dengan orang yang sopan. Jadi, kita akan disukai banyak orang dan memiliki banyak teman. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang, Terima kasih telah berkunjung. Jangan lupa follow blog ini ya :)