Sabtu, 12 Mei 2012

Vegetarian

Assalamualaikum wr. wb.
Setelah sebelumnya membahas manfaat dan beberapa hasil olahan kentang, kali ini saya akan membahas tentang vegetarian. Vegetarian memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Saat ini banyak masyarakat di daerah perkotaan yang sudah menerapkan pola vegetarian, bahkan banyak restoran atau pun warung yang menerapkan menu khusus bagi peminat vegetarian.
Vegetarian adalah pola makan, dimana orang tidak suka memakan daging, telur, seafood bahkan makanan yang mengandung susu. Orang yang menerapkan pola makan yang diciptakan pada tahun 1847 ini mengkonsumsi makanan yang berasal nabati saja. 
Pola makan ini pertama kali digunakan secara formal pada tanggal 30 September tahun itu oleh Joseph Brotherton dan lain-lain, di Northwood Villa, Kent, Inggris. Saat itu adalah pertemuan pengukuhan dari Vegetarian Society Inggris.
Kebanyakan dari kita mengenal seorang vegetarian yang memiliki nama latin vegetus, yang berarti keseluruhan, sehat, segar, hidup itu hanya secara umum saja. Kita hanya tahu bahwa vegetarian itu tidak bisa atau tidak mau memakan daging, seafood, telor ataupun makanan yang mengandung susu. Padahal, sebenarnya terdapat beberapa macam atau jenis vegetarian. Jadi, tidak semua vegetarian itu tidak bisa  dan atau tidak mau memakan telor, dan tidak semua vegetarian itu tidak bisa atau tidak mau memakan makanan  yang mengandung susu serta seafood.

Macam-macam Vegetarian
Secara umum, ada 3 jenis utama dari Vegetarian, yaitu :

1. Lacto-ovo vegetarian
Lacto-ovo vegetarian adalah orang yang menghindari makanan yang mengandung daging dan makanan laut. Mereka hanya memakan makanan yang berasal dari tanaman, serta makanan yang mengandung susu maupun telur.

2. Lacto-vegetarians
Lacto-vegetarians adalah orang yang menghindari makanan yang mengandung daging, makanan laut dan telur. Mereka hanya memakan makanan yang berasal dari tanaman, serta makanan yang mengandung susu.
3. Vegan
Vegan adalah orang yang hanya mengkonsumsi makanan yang berasal dari tanaman. 

Manfaat dari Vegetarian untuk kesehatan badan.
Para Vegan mendapatkan manfaat terhindar dari beberapa penyakit, seperti :
- Penyakit arteri koroner
- Diabetes
- Kegemukan
- Beberapa Jenis Kanker
- Hipertensi (Tekanan darah tinggi)

Yap, setelah membaca postingan ini, apakah kalian tertarik untuk menjadi Vegan? Terserah. Silahkan saja. Tapi, satu pesan saya. Walaupun kalian menjadi Vegan, jangan lupa tetap penuhi nutrisi tubuh kalian supaya badan tetap fit dan tidak kekurangan nutrisi sedikit pun.
Sekian dari saya. Maaf bila ada kesalahan.
Wassalamu'alaikum wr. wb.

1 komentar:

Selamat datang, Terima kasih telah berkunjung. Jangan lupa follow blog ini ya :)