Jumat, 09 Maret 2012

Manfaat Ketela Ungu

Assalamu'alaikum wr.wb.
Kali ini, saya akan membahas tentang manfaat dari ketela ungu. Salah satu makanan favorit saya juga, sih. Oke langsung saja. Check It Out ! ;)
‘Ubi jalar ungu’ atau yang biasa dikenal dengan sebutan ‘telo ungu’ biasanya dikonsumsi di daerah pedesaan maupun pegunungan. Tapi kini ‘telo ungu’ mulai banyak diminati masyarakat kota, tidak hanya di Indonesia, bahkan di luar negeri seperti di Amerika Serikat.
Tanaman telo ungu ini juga dimanfaatkan sebagai campuran ramuan tradisional berkhasiat obat. Banyak orang yang menganggap bahwa akibat mengonsumsi ubi jalar adalah “buang angin”. Menurut ahli pengobatan tradisional, Prof HM Hembing Wijayakusuma, ubi jalar memang bermanfaat untuk mengatasi masuk angin dan kembung. Di samping itu, masih banyak lagi penyakit yang bisa diatasi oleh ubi jalar, seperti disentri, kencing manis, rabun senja, memperbanyak air susu ibu (ASI), dan lain-lain.
Daunnya berbentuk segitiga berlekuk dan menjadi 3-5 lekukan dengan tangkai yang panjang. Bunganya berbentuk payung, terdapat di tiap ketiak tangkai daun. Bunganya sering kali tak menjadi buah. Konon tumbuhan ini berasal dari Amerika tropis. Ia bisa hidup subur di ketinggian 1 meter – 2.200 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan ini hidup liar menjalar. Ada tiga jenis ubi jalar, yaitu ubi berumbi putih, merah, dan ungu.
Khasiat ubi jalar didapatkan dari kandungan kimia yang ada di dalamnya. Kandungannya meliputi protein, lemak, karbohidrat, kalori, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, vitamin B1, B2, C, dan asam nikoninat. Dari kandungan tersebut ubi jalar berkhasiat sebagai tonik dan menghentikan pendarahan.Kandungan itu didapatkan dari umbi dan daunnya. Untuk mengatasi penyakit tertentu, penggunaan ubi jalar bisa dilakukan dengan cara pengobatan luar dan dalam. Pengobatan luar memanfaatkan umbi dan daunnya dengan cara memarut atau menghaluskan bahan dari ubi jalar, lalu ditempelkan ke bagian yang sakit. Contoh penyakit yang bisa diatasi dengan pengobatan seperti ini adalah keseleo, luka terpukul, eksim, bisul, dan herpes. Sedangkan untuk melancarkan buang air besar, daun ubi jalar direbus dan airnya diminum, atau dibuat masakan sesuai selera, lalu dimakan.
‘Telo ungu’ juga bisa menjadi anti kanker karena didalamnya ada zat aktif yang dinamakan selenium dan iodin dan dua puluh kali lebih tinggi dari jenis ubi yang lainnya. ‘Ubi jalar ungu’ memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri 2,5 dan 3,2 kali lebih tinggi daripada beberapa varietas ‘blueberry’, selain itu juga baik untuk mendorong kelancaran peredaran darah.
Sekarang, mengkonsumsi telo ungu bisa beragam caranya. Karena sekarang telo ungu sudah diolah menjadi berbagai macam hasil olahan, seperti :
Ice Cream Telo
Burger Telo
Keripik Ketela Ungu
Purple Mayo
Kue Mangkok Telo Ungu
Telo Ungu Cheese Cake
Bakpao Telo
Dan masiih banyak lagi hasil-hasil olahan dari ketela ungu tadi.
Yap, mungkin sekian dari saya. Maaf bila ada salah-salah kata dan penulisan. Mohon dimaklumi, masih belajar. 
Wassalamu'alaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Selamat datang, Terima kasih telah berkunjung. Jangan lupa follow blog ini ya :)