Rabu, 01 Februari 2012

12 Cara Mudah Menghilangkan Stress

Assalamu'alaikum wr. wb.
Halo semua.. Kali ini saya akan membahas tentang cara-cara mudah menghilangkan stress atau kepenatan.
Jadi, di antara kalian pasti pernah kan mengalami yang namanya stress alias penat atau yang biasa dibilang sumpek. Penyebab stress itu bisa bermacam-macam loh. Mulai dari banyak masalah dengan orangtua, teman, atau mungkin pacar, ada juga yang stress gara-gara sekolah kebanyakan tugas, atau stress karena mau ujian, dan masih banyak lagi penyebab yang namanya stress atau kepenatan.
Sebenarnya nih, stress itu bisa dihilangkan dengan berbagai macam cara atau metode mulai dari cara alami sampai dengan bantuan medis yang berteknologi canggih.
Nah, sekarang saya ada beberapa cara mudah untuk menghilangkan stress. Insya Allah bisa membantu kalian yang sedang mengalami stress ringan akibat berbagai masalah yang terjadi dalam hidup:
1. Olah raga teratur. Stress itu bisa dihilangkan dengan cara olah raga. Apalagi nih bagi orang-orang yang gemar banget olah raga, cara ini bisa banget buat menghilangkan stress atau kepenatan mereka. Olah raga menjadi suatu hiburan yang memang mengasyikkan serta menyehatkan.
2. Lakukan relaksasi dengan menghirup nafas dalam-dalam di tempat terbuka. Stress, penat, sumpek itu bisa terjadi karena kurangnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh kita. Jadi, lakukan relaksasi dengan menghirup nafas di tempat terbuka. Biasanya relaksasi ini dilakukan di tempat-tempat yang dingin. Bukan di kulkas loh ya.... Tapi di tempat-tempat yang sejuk, misal di bawah pohon, di daerah pegunungan dan perbukitan yang memang masih benar-benar sejuk dan belum tercemar, seperti di daerah Batu.
3. Makan makanan yang bergizi dan seimbang. Stress bisa dihilangkan dengan cara memakan makanan yang bergizi dan seimbang secara teratur dan secukupnya. Jadi tidak boleh makan secara berlebihan karena bukan malah sembuh stress, bisa-bisa kalian tambah gendut lagi.. Terus gak boleh makan cuma sedikit. Karena asupan gizi nanti bisa kurang. Ibaratnya nih, kendaraan bermotor kalau gak di kasih bensin apa bisa nyala? Gak bisa kan? Itu kaya otak dan organ tubuh kita. Kalau gak ada energi yang mengisi, mereka tidak dapat bekerja dengan baik. Akibatnya, kita tidak bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan maksimal.
4. Minum multivitamin jika diperlukan. Multivitamin itu penting juga. Karena multivitamin tersebut dapat menjaga stamina kita supaya siap menjalani aktivitas sehari-hari.
5. Tidur yang cukup. Tidur yang cukup sangat penting supaya kita merasa lebih fresh atau segar ketika bangun. Jangan terlalu banyak tidur karena tidak baik untuk kesehatan. Kurang tidur pun kurang baik untuk kesehatan. Terutama bagi remaja-remaja wanita.
6. Bersih-bersih. Lingkungan yang bersih bisa membuat pikiran rileks alias tenang. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membersihkan lingkungan kalian.
7. Atur jadwal. Stress bisa juga disebabkan karena kurang baiknya memanajemen waktu. Cobalah untuk hidup lebih teratur mulai dari sekarang, tidur cukup, kerja dengan cukup, luangkan waktu untuk bersantai di akhir pekan, hang out bareng teman, keluarga, atau pacar agar pikiran bisa lebih fresh.
8. Kurangi kopi. Jangan mengkonsumsi kopi berlebihan hanya karena anda selalu merasa baikan setelah minum kopi. Kenapa? Karena kopi mengandung nikotin yang bersifat adiktif dan membuat aliran darah mengalir kencang sehingga sangat rentan memperburuk stress. Jadi, kalau mau minum kopi, ya secukupnya saja...
9. Mendengarkan musik. Dengarkanlah lagu yang kalian sukai saat pikiran terasa suntuk. Pilihlah lagu-lagu dengan beat cepat sehingga bisa membangun semangat untuk beraktivitas. Jangan lagu-lagu mellow yang bercerita tentang kesedihan patah hati ataupun ditinggal mati kekasih, karena itu akan menciptakan sugesti negative pada pikiran.
10. Pijat tubuh. Metode pijat juga bisa kalian gunakan untuk mengendurkan otot-otot tubuh. Dengan banyaknya penyedia jasa pijat di salon kecantikan atau pusat kebugaran dan kesehatan, menghilangkan stres jadi jauh lebih mudah.
11. Berlibur. Jika stress tak lagi bisa ditahan, maka jalan keluarnya adalah keluar dari kesibukan sehari-hari. Menyediakan waktu berlibur bisa menghilangkan stress sekaligus mengembalikan energi yang hilang. Pilihlah tempat-tempat liburan yang benar-benar sesuai dengan hobi kalian.
12. Banyak beribadah. Perbanyaklah sholat, do'a, membaca AlQuran. Dekatkanlah diri kepada Allah SWT. Orang yang dekat pada Allah SWT akan mendapat ketenangan dan ketentraman dalam hidupnya.

Nah, itulah cara-cara mudah menghilangkan stress dari saya. InsyaAllah bisa membantu kalian menyembuhkan stress atau kejenuhan kalian dengan masalah yang ada. Mohon maaf bila ada salah.
Wassalamu'alaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Selamat datang, Terima kasih telah berkunjung. Jangan lupa follow blog ini ya :)